Manfaat Kelapa Muda

Kelapa tentunya bukan benda asing bagi kita karena ia bisa didapat dimana saja, bahkan tersedia di rumah makan dan restoran-restoran yang berada di dataran tinggi sekalipun. Ia bisa diminum langsung dari buahnya, atau dengan cara menambahkan sedikit air jeruk, es dan bahkan sirup lainnya sesuai selera masing-masing.Air kelapa, telah dibanyak dibahas dalam berbagai buku dan literatur sehingga tidaklah sulit mencari jawaban tentang kegunaannya. Bagi yang terkena alergi dimana sekujur tubuh menjadi memerah dan berbintik, maka air kelapa (muda) merupakan solusinya.Telah menjadi berita umum bahwa kebanyakan korban tsunami yang selamat akan meninggal dalam beberapa hari kemudian karena terminum atau tertelan lumpur pekat yang dibawa tsunami. Penduduk Pulo Aceh yang selamat dari bencana baru memperoleh bantuan makanan lebih seminggu kemudian. Lantas, apa yang mereka konsumsi selama seminggu dalam penantian?

Ya, itu tadi: Air kelapa!

Sebelum bantuan makanan disalurkan ke daerah tersebut, masyarakat Pulo Aceh mengkonsumsi air kelapa sebagai pengganti makanan. Dan yang paling menakjubkan, meski mereka sempat meminum air lumpur pekat bersama datangnya gelombang tsunami, tidak ada masyarakat Pulo Aceh yang meninggal akibat “minuman asing” tersebut. Bahkan mereka sehat-sehat ketika dievakuasi ke barak pengungsian.

Ternyata, air kelapa membantu menetralisir racun maupun kandungan lainnya yang tercampur bersama lumpur tsunami. Itulah sekelumit tentang manfaat air kelapa. Sebuah informasi lain yang dijawab secara “jujur” adalah, sebagai pengganti rokok, masyarakat menghisap ganja yang memang banyak mengapung setelah tsunami menerjang. Ganja-ganja tersebut masih terbungkus rapi dalam karung dan banyak tersebar di kawasan pantai. Harap maklum, tsunami juga menerjang toko maupun warung lainnya. Sebelum bencana datang, Pulo Aceh merupakan salah satu “golden triangle”nya Aceh. Selalu ada “berkah” di balik sebuah musibah….it’s a blessing in disguise…

Dan, berikut beberapa info ringkas tentang manfaat air kelapa.

Air kelapa merupakan minuman isotonik alamiah, dengan electrolytic yang seimbang seperti yang kita miliki dalam darah. Air kelapa adalah cairan kehidupan.

Selama perang Pasifik tahun 1941-45, pihak-pihak yang terlibat dalam konflik secara teratur menggunakan air kelapa, yang sedot secara langsung dari buahnya untuk memberikan transfusi plasma kepada prajurit yang terluka.

Air kelapa hingga kini masih banyak dikonsumsi dalam keadaan segar di kawasan pantai tropis. Dalam udara yang terbuka, cairannya secara cepat akan kehilangan organoloptic dan karakteristik nutrisinya, selanjutnya mulai meragi.

Air kelapa lebih bergizi ketimbang susu, ia tidak berlemak dan bebas kolestrol!

Air kelapa lebih menyehatkan daripada orange juice karena lebih rendah kalori.

Air kelapa lebih baik daripada susu bayi pabrikan karena ia mengandung lauric acid seperti yang tersedia dalam ASI.

Air kelapa steril secara alamiah, menyerap air bahkan memfilter kulit ari.

Air kelapa merupakan donor alamiah karena memiliki kesamaan dengan plasma darah manusia.

Air kelapa bahan yang sangat alami, murni secara biologi, penuh dengan gula alami, garam, serta vitamin untuk menghilangkan keletihan. Menurut Mortin Satin, Kepala UNFAO, air kelapa merupakan minuman energi masa depan, tetapi alami.

Air kelapa mengandung banyak potassium (sekitar 294 mg) dibandingkan dengan minuman sport lainnya (117 mg).

Air kelapa memiliki kandungan sodium yang sedikit (25 mg), dimana minuman sport lainnya memiliki sekitar 41 mg, sementara minuman berenergi lainnya mencapai hingga 200 mg.

Air kelapa mengandung 5 mg gula alami, dimana minuman berenergi dan sport lainnya berkisar dari 10-25 mg gula buatan.

Air kelapa mengandung chloride yang sangat tinggi sekitar 118 mg. Minuman sport lainnya berkisar 39 mg.


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © ABDYA ACEH INDONESIA