Ditemukan, Virus Penyebab Kanker Kulit


Para ahli cukup lama mempelajari apa sebenarnya penyebab kanker kulit. Dan kini para peneliti dari ’’University of Pittsburg Cancer Institute’’ di Amerika Serikat percaya mereka telah menemukannya.

Adalah DNA virus yang ada di dalam 80% tumor sel Merkell - disebut Merkel Cell Polymavirus (MCV)- penyebabnya. Sel ini menyatu dalam genome tumor itu sendiri. Para ahli menduga virus itu mematikan karena menghasilkan protein penyebab kanker atau mengalahkan gen yang menekan pertumbuhan tumor.Informasi yang kami peroleh mungkin dapat mengarah kepada pemeriksaan darah atau vaksin yang meningkatkan penanganan penyakit dan membantu pencegahan,” kata Dr. Patrick Moore, yang bersama rekannya menerbitkan temuan itu dalam jurnal Science.

Merkell cell carcinoma berkembang dari sel syaraf tertentu yang bereaksi terhadap sentuhan atau tekanan. Peristiwa tersebut telah naik tiga kali lipat dalam 20 tahun terakhir; dan kini terdapat sebanyak 1.500 kasus per tahun di Amerika Serikat. Sebanyak 50% pasien penyakit tingkat lanjut hidup selama sembilan bulan atau kurang.

Virus penyebab kanker yang paling terkenal adalah HPV atau human papillomavirus, yang dapat mengakibatkan kanker tengkuk dan menjadi sasaran dari dua vaksin baru anti-kanker, Gardasil dan Cervatix, dari Merck & Co Inc dan GlaxoSmithKline Plc. Kaposi`s sarcoma. Kondisi berbahaya paling umum pada pasien AIDS dan kanker paling umum di Afrika juga disebabkan oleh virus.

Sumber: SuaraMerdeka


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © ABDYA ACEH INDONESIA